Rabu


Seperti penelitian yang di lakukan oleh Indiana University mengungkapkan bahwa , sebuah program komputer ternyata dapat melakukan pekerjaan nya (mendiagnosa) lebih baik daripada apa yang di lakukan oleh seorang dokter, ini membuktikan bahwa sebuah program tidak bisa anggap enteng, dan dengan margin yang signifikan.

Sebuah sistem yang telah di program untuk proses mendiagnosa suatu penyakit yang terdiri dari 500 orang, setelah memasukan data yang relevan seperti penyakit kronis, depresi, tekanan darah tinggi, dan diabetes dan hasil yang di berikan oleh program tersebut akan di bandingkan dengan hasil dari diagnosa oleh seorang dokter.

Hasilnya, komputer hampir lebih baik sekitar 42% dalam hal mendiagnosa penyakit untuk menentukan pengobatan nya dibandingkan yang dilakukan oleh dokter.

Para peneliti juga melihat dari segi finansial dimana biaya untuk seorang dokter akan menghabiskan dana $ 497, sedangkan untuk biaya diagnosa yang dilakukan komputer cukup mengeluarkan dana sekitar $ 189.

Walaupun penelitian ini menunjukan Program komputer lebih baik daripada dokter namun peneliti tidak menyaran kan mempercayai sepenuh nya apa hasil yang di berikan oleh suatu program.

"Biarkan manusia melakukan apa yang mereka lakukan dengan baik, dan biarkan mesin melakukan apa yang mereka lakukan dengan baik Pada akhirnya, kita dapat memaksimalkan potensi dari keduanya.."



{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. gimana pun canggihnya, mesin gak bakalan bisa menggantikan manusia...

    mesin cuma bisa membantu, tapi manusia lah yang mengambil keputusannya

    BalasHapus

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © cyberbeat